Thursday, November 14, 2013

KONSEP DASAR MANAJEMEN



MAKALAH
PENGANTAR MANAJEMEN
“KONSEP DASAR MANAJEMEN”



 











Disusun oleh :
Ahmad Khoirul Badar
(210 205)


 

STAIN KUDUS
PRODI SYARIAH EKONOMI ISLAM
2010



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan mempunyai peranan penting dalam dunia persekolahan yaitu untuk menyampaikan ilmu-ilmu yang bisa bermanfaat untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mempelajari ekonomi dituntut untuk memiliki kemampuan memahami dan memecahkan masalah. Namun pada pelaksanaanya seringkali tuntutan ini mengakibatkan persepsi salah terhadap ekonomi, misalnya management itu sulit, menakutkan dan sebagainya. Hal ini banyak dirasakan oleh siswa dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Sehingga menimbulkan kurangnya semangat mempelajari ekonomi.
Mahasiswa penuh dengan tantangan. Jika tidak berhati-hati dan teliti serta cermat dalam melakukan perhitungan dan perencanaan, sudahlah jelas kerugian dan kegagalan menghadang didepan. Dengan kata lain, selain mahasiswa memperoleh ilmu dalam perguruan tinggi, mahasiswa juga bisa memperoleh pengalaman dari dunia luar perguruan tinggi.
Dengan dilaksanakannya pembuatan makalah ini, diharapkan agar mahasiswa mempunyai bekal yang cukup dan memadahi ketika hendak memulai suatu pembelajaran.

B.     Rumusan Masalah
Dari masalah-masalah yang telah dipaparkan diatas pemaduan metode demonstrasi, diskusi dan tanya jawab untuk meningkatkan pemahaman dalam konsep dasar manajemen







BAB II
PEMBAHASAN

A.    Peran Manajemen
Manajemen diperlukan agar tujuan organisasi dapat dicapai secara efektif dan efisien. Efektivitas menurut Peter F. Drucker adalah “mengerjakan pekerjaan yang benar (doing the right things)”. Sedangkan Efisien adalah “mengerjakan pekerjaan dengan benar (doing things right)”.
Agar manajemen yang dilakukan mengarah kepada kegiatan bisnis secara efektif dan efisien, maka manajemen perlu dijelaskan berdasarkan fungsi fungsinya atau dikenal sebagai fungsi-fungsi manajemen (fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, serta pengendalian dan pengawasan).
Efektifitas mengacu pada pencapaian tujuan sedangkan efisiensi mengacu pada penggunaan sumber daya minimum untuk menghasilkan keluaran (output) yang telah ditentukan.
Dalam manajemen diutamakan efektivitas lebih dahulu baru efisien. Jadi, organisasi membutuhkan manajemen terutama untuk 3 hal yang terpenting, yaitu :
1.        Pencapaian tujuan secara efektif dan efisien;
2.        Menyeimbangkan tujuan yang saling bertentangan dan menentukan skala prioritas; dan
3.        Mempunyai keunggulan daya saing (competitive advantages) dalam menghadapi persaingan global.

B.     Definisi Manajemen
Dilihat dari asal katanya, kata manajemen atau management dalam Bahasa Inggris berasal dari kata Italia, maneggiare yang kurang lebih berarti menangani atau to handle. Dalam bahasa latin ada kata yang punya pengertian hampir sama yakni manus yang artinya tangan atau menangani.
Definisi manajemen yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya :
1.        Ensiclopedia of the Social Sciences
            Didalam Ensiclopedia of the Social Sciences manajemen diartikan sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diawasi.
2.        Mary Parker Follet
            Menurut Mary Parker Follet manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
3.        Thomas H. Nelson
            Menurut Thomas H. Nelson manajemen adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang unutk menghasilkan barang/jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.
4.        GR. Terry
            Menurut GR. Terry manajemen diartikan sebagai proses yang khas yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan usaha mencapai sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
5.        James A.F. Stoner
            Menurut James A.F. Stoner manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan menggunakan semua daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
6.        Prof. Drs. Oei Liang Lie
            Menurut Prof. Drs. Oei Liang Lie manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan sumber daya manusia dan alam, terutama sumber daya manusia unutk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Pengertian lain manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui serangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya.
Disamping pengertian dan definisi manajemen yang sudah diuraikan tadi, McFarland, 1979 juga mengemukakan empat pengertian manajemen yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari:
1.        Proses-proses pengorganisasian; yakni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, penggiatan dan pengevaluasian.
2.        Kata manajemen juga berarti karir atau jabatan
3.        Kata manajemen juga dapat berarti kelompok orang yang bertanggungjawab dalam menjalankan sebuah organisasi.
4.        Kata manajemen juga dapat merupakan sebuah ilmu atau seni untuk mengatur orang lain.
Selanjutnya Harbison dan Myers menggolongkan manajemen itu menjadi tiga tipe, yaitu:
1.        Patrimonial Management
Terdapat apabila suatu perusahaan dimiliki oleh sebuah keluarga dan kedudukan-kedudukan yang penting dalam hirarki perusahaan dikuasai oleh anggota-anggota keluarga tersebut.
2.        Political Management
Suatu bentuk manajemen dimana kedudukan-kedudukan penting dan pokok dalam organisasi dipegang oleh mereka yang mempunyai hubungan-hubungan politik berdasarkan atas loyalitas pada suatu partai politik tertentu.
3.        Profesional Management
Kedudukan yang strategis dan penting diserahkan kepada mereka yang telah memberikan bukti akan kecakapannya, kapasitas, kesanggupan, keahlian atau dengan perkataan lain atas dasar jasa dan hasil yang mereka berikan kepada perusahaan.

C.    Tingkatan Manajer
Tingkatan manajemen dibedakan atas:
1.        Manajer Puncak (top manager)
Manajer yang bertanggung jawab pada dewan direksi dan pemegang saham atas keseluruhan kinerja dan aktivitas perusahaan.
2.        Manajer Menengah (middle manager)
Manajer yang bertanggung jawab pada pengimplementasian strategi kebijakan dan keputusan yang dibuat oleh manajer puncak.
3.        Manajer Lini Pertama (first line manager)
Manajer yang bertanggung jawab langsung atas pekerjaan karyawan (supervisi)

D.    Manajer secara Fungsional Dilihat dari Proses
Tanggung jawab manajer secara fungsional dilihat dari proses, meliputi:
1.        Manajemen perencanaan
2.        Manajemen pengawasan
Fungsi-fungsi manajemen diperlukan agar keseluruhan sumber daya organisasi dapat dikelola dan dipergunakan secara efektif dan efisien sehingga tujuan organisasi dapat tercapai.
Kegiatan-kegiatan dalam fungsi Manajemen
1.        Fungsi Manajemen Perencanaan (Planning)
a.         Menetapkan tujuan dan target bisnis.
b.         Merumusakan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut.
c.         Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan.
d.   Menetapkan standar atau indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.
2.        Fungsi Manajemen Pengorganisasian (Organizing)
a.     Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas dan menetapkan prosedur yang diperlukan.
b.    Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab.
c.     Kegiatan penempatan SDM pada posisi yang tepat.
3.        Fungsi Manajemen Pengimplementasian (Directing)
a.    Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
b.    Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan.
c.    Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan.
4.        Fungsi Manajemen Pengawasan (Controlling)
a.    Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.
b.    Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
c.    Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis.

E.     Fungsi Manajemen secara Operasional dari Sudut Bidang
Fungsi manajemen secara operasional dari sudut bidang, meliputi:
1.        Manajemen produksi
2.        Manajemen personalia
3.        Manajemen keuangan
4.        Manajemen pemasaran
5.        Manajemen akuntansi
Pada pelaksanaannya, fungsi-fungsi manajemen yang dijalankan menurut tahapan tertentu akan sangat berbeda-beda jika didasarkan pada fungsi operasionalnya, belum lagi dilihat dari jenis organisasinya.
Berdasarkan operasionalnya, manajemen organisasi bisnis dapat dibedakan secara garis besar menjadi fungsi-fungsi:
1.        Manajemen Sumber Daya Manusia
Adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh SDM yang kita jalankan & bagaimana SDM yang terbaik tersebut dapat terpelihara & tetap bekerja bersama kita dengan baik.
2.        Manajemen Produksi
Adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang se-efesien mungkin.
3.        Manajemen Pemasaran
Adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa yang sesungguhnya dibutuhkan oleh konsumen, & bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
4.        Mnajemen Keuangan
Adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis, yaitu diukur secarra profit.
5.        Manajemen Informasi
Adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang berjalan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang.

F.     Keahlian Manajemen
Keahlian manajemen menurut Robert L. Katz, meliputi:
1.        Technical skill (keterampilan teknik)
2.        Human skill (keterampilan mengelola manusiawi)
3.        Conceptual skill (keterampilan konsep)
Seorang manajer harus memiliki dan mampu mengembangkan ketrampilan Teknis, Hubungan Manusia, Konseptual dan Pengambilan Keputusan serta Pengelolaan Waktu.
1.        Ketrampilan Teknis
Ketrampilan yang diperlukan untuk melakukan tugas khusus.
2.        Ketrampilan Hubungan Manusia
Ketrampilan untuk memahami dan bekerjasama dengan orang lain
3.        Ketrampilan Konseptual
Ketrampilan terkait dengan kemampuan untuk berpikir pada hal-hal yang abstrak, mendiagnosis dan menganalisis situasi yang berbeda dan memandang jauh kedepan.
4.        Ketrampilan Pengambilan Keputusan
Kemampuan dalam identifikasi masalah, dan menentukan langkah terbaik untuk menyelesaikan masalah.
5.        Ketrampilan Pengelolaan Waktu
Ketrampilan yang berkaitan dengan pemanfaatan waktu secara produktif.







BAB III
SIMPULAN

Setelah melihat dari berbagai sumber maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.      Mahasiswa dapat mengetahui hal-hal yang dapat memajukan dalam manajemen.
2.      Mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dan kesempatan untuk dapat belajar bagaimana mengatur management yang baik.























DAFTAR PUSTAKA

1.        T. Hani Handoko.2003.Manajemen,Edisi 2.Yogyakarta:BPFE
2.        Erni Tisnawati Sule & Kurniawan Saefullah.2005.Pengantar Manajemen,Edisi Pertama.Jakarta:Kencana
3.        Agus Subandi.2001.Manajemen Pengantar,Edisi Revisi.Yogyakarta:UPP
4.        M. Manullang.2002.Dasar-dasar Manajemen.Yogyakarta:GMU Press
5.        Siswanto.2005.Pengantar Manajemen.Jakarta:Bumi Aksara

4 comments:

  1. Keren Gan! (y) Boleh di copy ya, Gan!
    ini alamat blog-ku www.agneshalida.blogspot.com
    kunjungi ya, gan! :)

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak atas ilmunya, kakak

    ReplyDelete