Thursday, November 14, 2013

KENALAKALAN REMAJA DAN CARA MENGATASINYA



KENALAKALAN REMAJA DAN
CARA MENGATASINYA




LOGO SMP 2.jpg
 













Disusun Oleh:
Ahmad Khoirul Badar

 

SMK TERPADU HADZIQIYYAH
Blok Nglarangan Gemiring Lor Nalumsari Jepara
2012/2013


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Masa remaja adalah masa peralihan antara masa kanak-kanak menjadi masa remaja yang ditandai sikap-sikap tertentu antara remaja laki-laki dan remaja perempuan yang cenderung mencari jati dirinya masing-masing. Pada masa ini remaja perempuan dan remaja laki-laki mulai ada rasa jatuh cinta pada lawan jenisnya, sehingga timbul hasrat untuk saling memiliki antara keduanya dan menjalin hubungan.
Di zaman globalisasi ini, perlu adanya pengawasan langsung dari orang tua. Karena akhir-akhir ini banyak sekali kasus tentang remaja yang hamil di luar nikah, bahkan mereka tidak bisa melanjutkan sekolahnya. Dalam hal ini, akan  membawa pengaruh yang positif dan negatif seperti, gaya busana orang barat yang semakin ngetren di Indonesia, jaringan akses internet yang semakin mudah dan disalahgunakan oleh remaja-remaja zaman sekarang.
Banyak sekali remaja-remaja yang ingin tahu akhibatnya, sekarang marak sekali terjadi kehamilan di kalangan remaja.
Berdasarkan alasan di atas, makalah ini akan membahas tentang masalah kenakalan remaja.

B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas dirumuskan permasalahan “Bagaimana cara mengatasi masalah kenakalan remaja?”

C.      Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui masalah kenakalan remaja dan cara mengatasinya.


BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja yaitu perilaku menyimpang dari norma-norma hukum perdana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan diri sendiri.
Menurut Kartono ilmuan sosiologi, “Kenakalan remaja atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah Juvenile Delinguency merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang.”
Santrok “Kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal.”

B.       Jenis-jenis Kenakalan Remaja
1.    Penyalahgunaan Narkoba
Ada banyak penyebab yang dapat menjerumuskan orang melakukan penyalahgunaan narkoba, antara lain rasa ingin tahu atau rasa penasaran yang besar tanpa menyadari akibatnya. (Warsidi, 2006:16)
2.    Seks Bebas
Hubungan suami istri tanpa nikah yang dilakukan di luar norma agama. (Suranto, 2009:21)
3.    Tawuran Antar Pelajar
Rasa balas dendam yang dimiliki antara pelajar yang mengakibatkan tawuran. Sehingga banyak pelajar yang meninggal akibat tawuran tersebut.


C.      Penyebab Terjadinya Kenakalan Remaja
Perilaku nakal remaja bisa disebabkan oleh faktor dari remaja itu sendiri (internal) maupun dari luar (eksternal).

D.      Dampak Negatif dari Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja dapat mengakibatkan dampak negatif bagi diri sendiri dan orang lain. Bagi diri sendiri mengakibatkan gangguan kesehatan.
Hal ini mengakibatkan orang lain terganggu dengan kenakalan tersebut.

E.       Cara Mengatasi Kenakalan Remaja, antara lain:
1.    Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa di cegah atau di atasi dengan prinsip keteladanan.
2.    Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya untuk melakukan point pertama.
3.    Kemauan orang tua untuk memenuhi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikasi, dan nyaman bagi remaja.
4.    Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orang tua memberi arahan dengan siapa dan komunitas mana remaja harus bergaul.
5.    Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.





BAB III
PENUTUP

Kenakalan remaja memang banyak merugikan orang. Hal ini, disebabkan oleh perkembangan zaman dan pergaulan yang bebas. Namun, kenakalan remaja tersebut dapat diatasi.







DAFTAR PUSTAKA

www.kenakalanremaja.com,2012.masalah-masalahremaja. Diunduh tanggal 05 November, Pukul 19.00 WIB.


No comments:

Post a Comment